Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Klik di sini  untuk mendengarkan siaran Saatnya Bahasa Prancis! Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan ( Frequently Asked...

Tanya-Jawab: Saatnya Bahasa Prancis

Saatnya Bahasa Prancis
Klik di sini untuk mendengarkan siaran Saatnya Bahasa Prancis!
Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan (Frequently Asked Questions-FAQ) tentang podcast saya ini. Klik tombol "buka" untuk melihat jawaban!

Apa itu podcast?
Silakan baca penjelasan singkat saya tentang podcast di tautan ini.
Saatnya Bahasa Prancis. Apa maksudnya?
"Saatnya Bahasa Prancis" adalah judul siaran podcast yang saya pilih, yang membahas tentang pembelajaran bahasa dan budaya frankofon (negara-negara yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi dan atau tuturannya).
Di mana saya bisa mendengarkan dan berlangganan podcast Saatnya Bahasa Prancis?
Hampir di semua platform! Silakan ketik "Saatnya Bahasa Prancis" pada kolom pencarian di media pemutar podcast yang Anda gunakan. Anda juga dapat melihat daftar lengkapnya di laman ini. Di sana, saya tampilkan juga logo-logonya.
Bisa dituliskan apa saja media tersebut pada jawaban sebelumnya?
Spotify, Apple Podcasts, Google Podcasts, Deezer, Listen Notes, Tune in, Podchaser, Pocket Casts, Stitcher, Radio Public, Breaker, Castbox, Anchor, Blubrry, PlayerFM, Podcasts Addict, Bullhorn, iHeart Radio, my Tuner, ...
Apa tujuan siarannya?
Tentu saja untuk menunjang pembelajaran bahasa Prancis para pendengarnya! Dari awal, saya memang tidak merancang materi Saatnya Bahasa Prancis ini untuk dijadikan satu-satunya media atau sumber ajar mandiri, tetapi sebagai penunjang atau pendukung saja. Materi juga tidak disajikan secara berurutan, misalnya dimulai dari cara menyapa, berkenalan, dst. seperti halnya penyampaian materi pelajaran dalam sebuah buku ajar. Namun sebaliknya, saya mencoba menyampaikannya dalam bentuk siaran seperti halnya podcast biasa pada umumnya dengan durasi yang singkat, padat, dan (semoga) jelas agar dapat disimak pendengar kapan saja dan di mana saja.
Siapa publik pendengarnya?
Siapa saja yang tertarik akan bahasa dan budaya frankofon boleh mendengarkan Saatnya Bahasa Prancis. Secara spesifik, memang siaran ini ditujukan untuk publik penutur bahasa Indonesia yang mempelajari bahasa Prancis dan budaya yang terkait dengannya.
Lalu mengapa penyampaian materinya tidak berurutan?
Seperti dalam jawaban saya sebelumya, jika saya memaparkan materinya sesuai tingkatan pemelajar, misalnya dari mulai tingkat A1 terlebih dulu, kasihan dong nanti pendengar yang sekarang sedang belajar bahasa Prancis di tingkat B2-mereka harus mengunggu hingga episode 500! Lagi pula ini podcast, bukan modul kursus. hehe...
Mengapa gambar sampulnya tidak ada nuansa Prancisnya?
Karena bahasa Prancis bukan melulu tentang (negara) Prancis! Terutama dengan alasan tersebutlah saya memilih untuk melepaskan hal-hal yang klasik dan stereotipe, seperti halnya gambar menara Eiffel, baguette, teras sebuah kafe di Paris, .... atau bahkan peta dan bendera Prancis!
Saya punya pertanyaan tentang materi bahasa Prancis. Apakah saya bisa mengajukannya melalui siaran ini?
Ya, tentu saja! Dengan senang hati saya akan menjawabnya di salah satu episode Saatnya Bahasa Prancis. Silakan tuliskan atau rekam langsung pertanyaan Anda pada laman ini.
Apakah saya akan mendapatkan notifikasi jika pertanyaan yang saya kirim dibahas dalam siaran Saatnya Bahasa Prancis?
Tidak. Biasanya saya akan menjadikan pertanyaan yang saya jawab tersebut sebagai judul episode Saatnya Bahasa Prancis.
Seberapa sering setiap episode Saatnya Bahasa Prancis diterbitkan?
Saya selalu mencoba membuat episode baru secara rutin. Harapannya saya bisa membuat satu s.d. empat episode setiap bulan. Namun terus terang saat ini konsentrasi saya memang benar-benar terbagi dengan aktivitas lainnya. Jadi, saya hanya mampu membuatnya di sela-sela rutinitas.
Mengapa tidak dibuat juga dalam bentuk video di YouTube?
Untuk sementara, saya belum siap beken tampil di depan kamera... haha :-P
Apa padanan kata "podcast" dalam bahasa Indonesia?
"siniar" (sumber: KBBI Daring). Sepertinya memang baru belakangan ini (mungkin tahun 2020) kata tersebut dicantumkan secara resmi di kamus tersebut. Pada saat saya menulis artikel ini (2017), kata "siniar" memang belum bisa ditemukan di sana.
Bolehkah saya memasang iklan untuk produk/jasa yang saya tawarkan?
Pemasangan iklan dimungkinkan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Silakan menuliskan surel terkait hal ini dan mengirimkannya ke alamat: bisnis@elga-ahmad.com

Punya pertanyaan lain yang belum terjawab tentang Saatnya Bahasa Prancis? 
Silakan tuliskan pada kolom komentar di laman ini.

0 comments: