Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Saya sering menerima beberapa pertanyaan terkait biaya hidup di Swiss. Melalui artikel ini, saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut,...

Berapa Biaya Hidup di Swiss?

Saya sering menerima beberapa pertanyaan terkait biaya hidup di Swiss. Melalui artikel ini, saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, dengan cara memberikan deskripsi singkat tentang hal ini yang didasarkan pada pengalaman dan observasi saya pribadi selama tinggal di negara yang bernama resmi Konfederasi Swiss (Switzerland Confederation) ini. 

Uraian terkait biaya hidup memang sifatnya subjektif. Artinya bisa jadi berbeda pada setiap orang. Terlebih lagi, jika kita berbicara tentang gaya hidup! Di kanton lain, rincian biaya kemungkinan berbeda. Di sini saya memberikan gambaran secara spesifik untuk konteks pengeluaran rutin biasa dari seorang mahasiswa yang tinggal menetap di wilayah kanton Jenewa dengan izin tinggal (titre de séjours) berstatus B untuk mengikuti pendidikan atau pelatihan. Dalam hal ini, orang yang dimaksud tidak diperkenankan bekerja penuh waktu pada durasi tinggal enam bulan pertama. Artikel ini juga tidak membahas tentang biaya-biaya yang mungkin perlu dikeluarkan untuk mendukung penelitian atau perkuliahan, kecuali buku.  

sumber: medellinliving.com
Sebelumnya: 
CHF atau disebut Franc adalah mata uang resmi yang digunakan di negara Swiss dan Liechtenstein. Namun demikian, kita juga dapat melakukan tarikan tunai dalam mata uang Euro di hampir seluruh mesin ATM di kedua negara tersebut. CH diambil dari istilah Confoederatio Helvetica dalam bahasa Latin. Pada penulisannya, dapat digunakan singkatan CHF atau Fr. yang ditempatkan sebelum angka/nominal.   

  • Buku/Pustaka
Kabar baiknya, bujet untuk buku bahkan bisa jadi hingga CHF 0 saja! Ini memang tergantung kebutuhan dan keinginan. Pada umumnya, buku-buku referensi sudah disediakan oleh perpustakaan kampus sehingga mahasiswa tidak perlu repot membeli. Perpustakaan juga telah menyediakan akses ke banyak jurnal. Sejauh ini, kebanyakan referensi untuk penelitian saya memang diperoleh dari perpustakaan universitas. Dengan menjadi anggota perpustakaan di sebuah kampus, secara otomatis berhak juga meminjam koleksi di perpustakaan di tempat lain yang masih dalam satu jaringan yang sama. Saya pribadi hanya membeli buku yang sekiranya memang tidak didapat di perpustakaan atau ingin saya miliki. Tidak ada anggaran khusus yang saya alokasikan untuk ini atau saya masukkan ke kategori lain-lain (lihat poin terakhir dari tulisan ini). Namun, siapkan saja CHF 50 setiap bulan untuk keperluan ini. Belum tentu juga bakal dibelikan buku setiap bulan, tetapi sesuai kebutuhan. Saya lebih sering membeli buku di toko Payot atau di Fnac. Supaya tidak menyita terlalu banyak waktu, biasanya, saya memesan terlebih dahulu buku yang saya kehendaki secara daring melalui surel atau di situs web mereka, lalu mengambilnya langsung di toko ketika mereka sudah menyiapkannya untuk saya.

Alternatif untuk memperoleh buku murah jika hendak membeli: (1) Pada hari tertentu di pusat kota ada bursa buku bekas dengan genre yang beragam. (2) Asosiasi mahasiswa di Université de Genève juga setiap tahun menggelar acara bursa buku-buku kuliah... juga banyak novel.    

Apa juga kata dunia bila mahasiswa tidak pernah punya buku? Haha..

  • Tempat Tinggal
Tempat tinggal di Jenewa serta di kota-kota besar lainnya di Swiss memang merupakan masalah tersendiri dan sekaligus menjadi permasalahan umum. Selain harga sewanya yang cenderung tinggi, ketersediaannya pun terbatas. Bisa saya gambarkan, harga sewa sebuah kamar adalah CHF 600 s.d. 1.000, studio mulai CHF 1.300, dan apartemen mulai CHF 2.000*. Harga tersebut pada umumnya sudah termasuk charge air, listrik, pemanas ruangan, dan koneksi Internet. Jika belum, sediakan tambahan CHF 75-150 tiap bulan. Jangan lupa, penyewa perlu juga memberikan uang jaminan (caution) di awal pada saat menandatangani kontrak (le bail). Nominalnya biasanya sebesar satu hingga tiga kali jumlah uang sewa bulanan, yang akan dikembalikan ketika penyewa memutuskan keluar dari tempat tinggalnya atau setelah masa kontrak habis. Jika terdapat kerusakan, uang jaminan ini secara otomatis akan dikurangi senilai kerusakan itu sendiri.

Jika beruntung tinggal di asrama atau apartemen yang dikelola kampus, kita bisa dapat harga sewa kamar kurang dari CHF 500 saja. Prioritas mereka memang mahasiswa S1 (Bachelor) dan S2 (Master) dengan usia maksimal 35 tahun pada saat pertama kali menempati tempat tinggal. Kekurangannya, kita harus bersabar akan prosesnya. Berdasarkan pengalaman seorang teman, dia akhirnya bisa mendapatkan kamar di sebuah flat-berbagi dengan tiga mahasiswa lainnya, setelah masa tunggu empat bulan sejak mengajukan berkas pendaftarannya pertama kali ke Kantor Urusan Tempat Tinggal di Universitas (Bureau de Logement Universitaire).
*Kebanyakan harga sewa apartemen di bawah 2.500 CHF adalah kosong, tanpa perabotan.
       
  • Makanan dan Minuman
Ini merupakan poin penting yang juga menyangkut masalah keberlangsungan hidup! Haha... Untuk keperluan makan-minum bulanan ini, saya anggarakan maksimal CHF 400. Memasak dan membawa bekal sendiri ke tempat kerja/kuliah adalah rekomendasi yang sangat bijak untuk memangkas bujet makan sehari-hari. Sesekali bersama kolega atau jika memang sedang malas menyiapkan bekal, saya biasanya memilih makan siang di kantin universitas yang kadang-kadang (tidak selalu, tergantung menu pada hari itu) menawarkan harga khusus untuk mahasiswa, yakni rata-rata CHF 10 untuk makanan utamanya saja. Jika mau salad dan makanan penutup, kita perlu menambah sekitar CHF 5,5 (tergantung jenis makanan atau minumannya). Di restoran kampus, biasanya diberikan kartu yang setiap kali melakukan pembelian akan distempel. Jika sudah terkumpul sepuluh stempel, maka hidangan utama pada makan siang berikutnya akan diberikan secara cuma-cuma! 

Bagaimana kalau makan di luar? Yang pasti harga menunya relatif lebih mahal daripada yang ditawarkan restoran kampus. Ini juga tergantung rumah makannya. Namun, kita perlu menyiapkan paling tidak CHF 18 untuk makan siang dan CHF 20-an untuk makan malam. Beberapa restoran di luar juga menawarkan menu khusus pelajar dengan menunjukkan kartu mahasiswa pada saat melakukan pemesanan dan pembayaran makanan. Diskonnya sekitar CHF 3. 

Jika melewatkan jam makan siang, yakni antara pukul 12:00 s.d. 14:00, maka Anda tidak bisa lagi menuju kantin kampus maupun rumah makan di luar. Solusinya, Anda bisa menuju restoran cepat saji yang biasanya selalu buka seharian, bahkan di hari Minggu ketika semua toko dan restoran pada umumnya tutup. Lebih hemat lagi jika membeli sebuah paket burger, seperti BigMac di McD (di sini populer disebut: MacDo), dengan memasang aplikasi McD terlebih dulu di ponsel. Anda bisa berhemat CHF 3,5. Membeli sebuah pizza (CHF 10) langsung di restoran untuk dibawa pulang ke rumah, akan lebih hemat daripada Anda menikmatinya di tempat. Bisa juga Anda membeli sandwich di supermarket Coop atau Migros terdekat, kemudian menyantapnya cepat sambil duduk di bangku atau di atas rumput di sebuah taman saat musim panas. Yumm! 

Klik di sini untuk membaca tentang perbedaan istilah waktu makan di Swiss.

  • Pakaian
Saya pribadi bukan penggemar dan pengikut tren berbusana. Saya membeli pakaian jika memang diperlukan dan seringnya membeli pada saat musim diskon. Dalam satu tahun terdapat dua periode acara diskon besar di semua pertokoan, yakni musim dingin (sekitar Februari) dan musim panas (sekitar Juli). Memang tidak seperti di Tanah Air, cara berpakaian di negara dengan empat musim perlu disesuaikan bukan melulu terhadap mode, tetapi lebih pada suhu udara dan kondisi cuacanya. Dalam hal ini, saya tidak membuat anggaran khusus untuk pakaian. Terakhir sepanjang tahun 2019 lalu, saya mengeluarkan hingga kurang lebih CHF 300, tetapi CHF 0 pada musim dingin 2020. 

  • Asuransi
Asuransi Kesehatan
Poin ini memerlukan perhatian khusus, karena tarif asuransi sangat sangat mahal bahkan bagi semua orang! Sebelumnya, asuransi kesehatan adalah wajib dimiliki oleh semua individu yang tinggal di wilayah negara Swiss. Jika dalam tiga bulan pertama Anda belum memiliki polis asuransi, maka pemerintah akan memilihkannya secara acak untuk Anda dari salah satu agen asuransi swasta yang telah resmi terdaftar di Swiss dan... Anda juga akan dikenai sanksi CHF 100. 

Beruntung mempunyai status sebagai pelajar, karena ada tarif khusus. Saya memilih sebuah polis di Swiss Care dengan premi yang saya bayarkan untuk satu tahun sebesar CHF 1459. Dengan premi tersebut, saya berhak atas franchise CHF 300 (paling rendah) sepanjang tahun. Artinya CHF 300 pertama yang saya keluarkan untuk biaya pengobatan akan menjadi tanggungan pribadi. Pihak asuransi hanya akan mengganti kelebihan dari nominal tersebut. Untuk memperoleh franchise yang rendah, Anda memang perlu membayar premi bulanan yang tinggi. Ini berlaku sebaliknya: jika Anda membayar premi bulanan dengan nominal yang murah, konsekuensinya adalah pada saat berobat, Anda harus mengeluarkan uang sendiri lebih banyak! Umumnya, nilai franchise untuk orang dewasa yang ditawarkan ialah CHF 300, 500, 1.000, ... (tergantung perusahaan asuransi).

Maka begitu Anda telah memiliki polis asuransi kesehatan khusus pelajar, segeralah melapor ke pihak Service de l'assurance-maladie melalui agen asuransi Anda.

Sedangkan untuk asuransi umum di luar pelajar dan mahasiswa, berikut adalah daftar premi bulanannya: a) Usia 0-18 tahun: CHF 137,60, b) Usia19-25 tahun: CHF 548,90, dan c) Usia di atas 26 tahun: CHF 583,30 
Sumber: République et canton de Genève. Data besaran rata-rata premi tahun 2018 di kanton Jenewa

Asuransi Pertanggungjawaban Sipil 
Asuransi Pertanggungjawaban Sipil (Assurance de responsabilité civile) bersifat tidak wajib, tetapi sangat direkomendasikan untuk dimiliki. Terlebih lagi, beberapa pemilik apartemen mensyaratkan kepada penyewa untuk menunjukkan kepemilikan polis asuransi ini sebelum menyewa sebuah tempat tinggal. Asuransi ini menjamin penggantian kerusakan yang disebabkan kecerobohan pemilik polis. Misalnya ketika kita tidak sengaja memecahkan jendela kaca di rumah, menumpahkan minuman ke atas laptop teman, atau ketika anjing peliharaan kita menggigit mantel bulu yang dikenakan seorang ibu-ibu ketika tengah berjalan-jalan di taman kota. Nominal premi tergantung pada produk asuransi yang dipilih beserta fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya. Di Smile Direct, saya memilih produk Smile Home dengan total premi senilai CHF 68.80 per tahun (franchise: CHF 200).

  • Komunikasi (Telepon Selular) 
Walaupun WiFi telah tersedia di hampir banyak tempat (di tempat tinggal, kampus, transportasi umum, kedai kopi, dsb.) dan sudah bisa kita akses secara bebas, tetapi kebutuhan akan komunikasi melalui telepon genggam kita terkadang tetap diperlukan. Dengan biaya abonemen maupun prabayar rata-rata CHF 30-40 setiap bulan, kita memperoleh akses bebas tanpa batas menelepon ke banyak negara di Eropa, 1000 SMS ke seluruh dunia, serta Internet berkecepatan tinggi tanpa batas*. Lihat penawaran terbaru dari beberapa operator selular berikut: Swisscom, Sunrise, SaltLebara, ... Seperti halnya di negara-negara lain di Eropa, bila Anda tidak puas dengan layanan operator selular yang Anda gunakan sekarang, Anda berhak pindah ke operator lain tanpa perlu mengganti nomor telepon yang dipakai saat ini.
*Kecepatan berkurang ketika mencapai kuota tertenutu

  • Transportasi Umum
Di dalam kota, saya pribadi sangat jarang menggunakan transportasi umum. Saya lebih suka bersepeda untuk bepergian. Saya membeli langganan bulanan TPG (Transport Public Genevois) hanya pada saat musim dingin dengan temperatur tertentu yang sangat rendah atau karena jalanan cukup bersalju. Biaya langganan adalah CHF 70 yang mencakup seluruh wilayah di zona 10 (kanton Jenewa). Sesekali ketika tidak mempunyai abonemen transportasi, saya membeli tiket sesuai keperluan yaitu CHF 2 (Tarif khusus pelanggan demi-tarif kereta CFF, tarif normal 3 CHF) yang berlaku selama 60 menit sejak pembelian tiket tersebut. Pembelian tiket sekali pakai ini bisa dilakukan di loket di stasiun, mesin, SMS, atau aplikasi TPG. Terdapat juga tiket yang berlaku seharian yakni CHF 10, serta tiket jenis-jenis lainnya yang ditawarkan TPG sesuai kebutuhan penumpang. Alat transportasi TPG sendiri sudah termasuk bis, tram, perahu, kereta CFF dari-ke bandara, dan kereta Léman Express (Ada tambahan tarif jika keluar zona 10)  

Oh ya, saya juga memiliki langganan Tarif 1/2 (demi-tarif) untuk layanan kereta api CFF (SBB/FFS), yang dibayarkan sejumlah CHF 185 pada tahun pertama dan CHF 165 pada tahun berikutnya. Berkat abonemen ini, saya diuntungkan bisa membeli tiket kereta untuk pergi keluar kota di seluruh Swiss, dengan potongan harga setengah dari tarif normal.

  • Pajak
Walaupun pelajar yang tidak bekerja tidak akan dikenakan pajak penghasilan, namun pemerintah Jenewa (kebijakan bisa saja berbeda di kanton lain) akan menagihkan setidaknya dua pajak wajib tahunan kepada semua penduduknya: Pajak Multimedia (Redevance de radio-télévision) yang besarnya adalah CHF 365 dan Pajak Pribadi (Taxe personnelle) sebesar CHF 25.

  • Lain-Lain 
> Potong rambut: CHF 25 untuk laki-laki & CHF 55 untuk perempuan.
> Jika tidak ada mesin cuci untuk pakaian di apartemen, Anda perlu pergi ke tempat cuci umum (salon de lavoir) dan membayar rata-rata CHF 5 untuk mesin dengan kapasitas 11 kg dan CHF 1 untuk satu siklus (sekitar 8 menit) penggunaan mesin pengering. Harga tersebut belum termasuk sabun cuci maupun pelembut pakaian yang juga bisa dibeli di tempat melalui sebuah mesin khusus jika diperlukan. Opsi lain; Anda dapat menyediakannya sendiri.  
> Keanggotaan fitness di pusat olahraga universitas: CHF 60 per semester. Sedangkan tempat fitness di luaran, bertarif rata-rata CHF 55 per bulan jika membayar sekaligus biaya keanggotaan untuk satu tahun.
> Pembuatan/perpanjangan izin tinggal: Kartu izin tinggal saya berlaku untuk dua tahun dan masih belum diperpanjang pada saat artikel ini ditulis. Biaya yang saya perlukan untuk mengajukan permohonan izin tinggal pertama kali di Jenewa, yaitu CHF 237. Nominal bisa bervariasi tergantung status yang diberikan oleh pihak pemerintah setempat.
> Debit otomatis untuk biaya administrasi akun bank: CHF 5 per akhir bulan. Rekomendasi pembukaan akun bank di: UBS, PostFinance, ... 
> Anggaran lain-lain yang biasanya saya tambahkan pada alokasi bulanan adalah sekitar 20% dari total bujet. Walaupun pada akhirnya saya tidak perlu menghabiskannya, tapi disimpan jika sewaktu-waktu ada pengeluaran ekstra. Toh bujet makan-minum saya ternyata masih bisa menutupi pengeluaran rutin lain dan pengeluaran tiba-tiba yang sifatnya hiburan; misalnya langganan Spotify, ketika sesekali keluar dengan teman untuk makan-minum, pergi naik gunung, menonton konser atau teater, membeli sesuatu untuk dibawa ketika diundang makan di tempat seseorang, menyiapkan kado, ...


  • Total
Berdasarkan rincian di atas, jika dihitung keseluruhan, rata-rata diperlukan CHF 1.500 (IDR 22.845.000)* untuk memenuhi kebutuhan bulanan standar seorang pelajar/mahasiswa yang menempuh studi di Jenewa, Swiss.
*Jika kurs: 1 CHF = IDR 15.230 



***
Untuk menemukan artikel dengan tema tertentu, gunakan kolom pencarian cepat di bawah ini:




0 comments: