Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Jangan kaget jika kamu diundang  dîner jam satu... di siang bolong! Ini dikarenakan kata dîner dalam bahasa Prancis yang digunakan di Sw...

Dîner Jam Satu Siang

Jangan kaget jika kamu diundang dîner jam satu... di siang bolong!

Ini dikarenakan kata dîner dalam bahasa Prancis yang digunakan di Swiss, di Belgia, maupun di Kanada, tidak serta merta dipadankan dalam bahasa Indonesia dengan kata "makan malam". Artinya memang tidak sama dengan kata serupa yang dituturkan di negara Prancis. Menariknya, istilah makan yang lain pun berlainan. 
Ilustrasi: SBS 
Berikut saya paparkan perbedaan kata kerja yang dimaksud dengan membadingkan variasi bahasa Prancis yang digunakan di Prancis dan di tempat lain (Swiss, Belgia, dan Kanada):  
  • Sarapan 
Di Prancis, kata sarapan diterjemahkan petit déjeuner (n.m.). Dalam hal ini, kata kerja yang dipakai yaitu prendre (v.). Sedangkan di tempat lain, kita perlu menggunakan kata benda yang sekaligus juga kata kerja, yakni déjeuner (n.m./v.). Mereka tidak mengenal kata petit déjeuner!
Misalnya: Tous les matins, je prends mon petit déjeuner/déjeuner toujours à 8 heures atau Tous les matins, je prends mon petit déjeuner/déjeune toujours à 8 heures  


  • Makan Siang
Seperti yang saya gambarkan dalam ilustrasi di atas, kata déjeuner (n.m./v.) berarti makan pada siang hari yang normalnya dilakukan antara pukul 12:00 s.d. 14:00 di Prancis. Sedangkan pada rentan waktu yang sama, di tempat lain dipakai istilah dîner (n.m./v.). Contoh: Ça te dit de déjeuner/dîner ensemble vers 13 heures?  


  • Makan Malam
Kata makan malam dalam bahasa Prancis yang digunakan di tempat lain adalah souper (n.m./v.). Sebenarnya, kata ini juga masih digunakan di beberapa daerah di negara Prancis. Sebagian orang Prancis menganggap pula kata souper sebagai sebuah ungkapan lama dari bahasa Prancis klasik. Pada umumnya, kata dîner (n.m./v.) dipakai untuk memadankan kata makan malam.
Contohnya: Il a eu un dîner/un souper avec ses collègues hier soir atau Il a dîné/soupé avec ses collègues hier soir.  


***
Untuk menemukan artikel dengan tema tertentu, gunakan kolom pencarian cepat di bawah ini:




0 komentar: