Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Judul dari tulisan ini merupakan pertanyaan sering diajukan banyak orang, bahkan di antara penutur natif bahasa Indonesia sekalipun. Untu...

Pecinta atau Pencinta?


Judul dari tulisan ini merupakan pertanyaan sering diajukan banyak orang, bahkan di antara penutur natif bahasa Indonesia sekalipun.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan segera, mari kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V. Pada referensi tersebut, saya menemukan turunan kata dari kueri penelusuran kata kunci “cinta”, yakni sebagai berikut: bercinta; bercinta-cintaan; bercintakan; kecintaan; mencinta; mencintai; mencintakan; pencinta; percintaan; dan tercinta. [Tautan]

Berdasarkan daftar di atas, memang saat ini tidak terdapat dalam KBBI kata pecinta. Namun, kita bisa memperoleh kata pencinta yang bermakna “Orang yang sangat suka akan …”. Contoh kalimat: Kelompok pencinta alam akan memulai pendakian hari Selasa minggu depan.

Lantas, kata pecinta yang biasanya lebih sering ditemukan dalam karya sastra –seperti puisi, lagu, novel, dll., dapat kita artikan sebagai “Orang yang bercinta”.

Terkahir, jika Anda merasa artikel ini berguna, jangan sungkan traktir saya kopi di sini! 🍵😉

***
Untuk menemukan artikel dengan tema tertentu, gunakan kolom pencarian cepat di bawah ini:





0 komentar: