Elga-Ahmad

Blog pribadi. Seorang pencinta bahasa & kopi krim!
#Didactique #FLE #BIPA #TICE #Interculturel #Grammaire

Jika kamu menjawab “Ya” untuk pertanyaan di atas, kamu memang sebaiknya segera mendaftarkan diri pada situs web IFprofs. IFprofs ( Institut ...

Kamu (Calon) Pengajar Bahasa Prancis? Harus Daftar di sini!

Jika kamu menjawab “Ya” untuk pertanyaan di atas, kamu memang sebaiknya segera mendaftarkan diri pada situs web IFprofs. IFprofs (Institut Français-Professeurs) yang dapat diartikan sebagai Pengajar Institut Bahasa Prancis, adalah sebuah situs jejaring yang ditujukan untuk para pengajar serta para pelaku profesional lainnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Prancis. Tidak hanya di lingkup Institut Français yang merupakan lembaga resmi sebagai pusat promosi bahasa dan kebudayaan Prancis yang tersebar di banyak negara di dunia, tetapi juga di kalangan universitas, sekolah, lembaga kursus, dsb. Hal yang pula menarik, yakni para mahasiswa dari universitas bidang pendidikan bahasa Prancis juga turut serta diundang untuk menjadi anggota situs ini! 


Mendaftar dalam Beberapa Langkah Mudah

Hal pertama yang harus diperhatikan sekali lagi adalah status kamu sebagai orang yang memang berada dalam lingkup keprancisan; sebagai dosen, guru, pengajar kursus, pengelola perpustakaan, penanggung jawab akademik, administrasi, dsb. Kedua, negara tempat kamu tinggal dan bekerja saat ini sudah tercantum dalam anggota komunitas IFprofs. Situs IFprofs mengelompokkan anggotanya berdasarkan negara. Saat ini, Indonesia (ID) sudah terdaftar dengan mengakses alamat URL https://id.ifprofs.org. Jika suatu saat kamu mempunyai rencana berpindah negara namun tetap akan bekerja dalam bidang profesional yang sama, kamu diharuskan mendaftarkan ulang di situs web IFprofs ini, dengan cara memilih negara baru sebagai lokasimu. Saat artikel ini ditulis, IFprofs memiliki jaringan di 49 negara, tapi sayangnya situs ini tidak menyediakan fitur untuk mengubah negara domisili secara langsung –tanpa mendaftar baru kembali.

Secara singkat, berikut saya paparkan langkah-langkah mendaftar di IFprofs Indonesia. Sebetulnya, tidak berbeda dengan tata cara registrasi di situs jejaring lainnya:
1. Buka alamat URL yang saya tulis di atas agar langsung terhubung dengan komunitas IFprofs Indonesia.
2. Cari dan klik tulisan « s’inscrire » (Mendaftar) pada bagian kanan atas laman web.
3. Lengkapi formulir dengan data diri kamu. Kapan saja, kamu dapat mengubah atau memperbarui data diri tersebut dengan mengklik « Modifier » (Memodifikasi).
4. Biasanya, kamu akan menerima sebuah surel untuk permintaan verifikasi bahwa kamu benar-benar hendak mendaftarkan diri pada situs IFprofs. Ikuti tahapan selanjutnya sesuai petunjuk yang tertera untuk mengonfirmasi pendaftaranmu.
5. Selesai. Kini, kamu dapat memulai aktivitas jejaring profesional di IFprofs dan terhubung dengan ribuan pegiat bahasa dan budaya Prancis dari berbagai belahan dunia. Kamu bisa mulai mencari seseorang -mungkin guru atau dosen bahasa Prancis kamu yang telah terdaftar sebelumnya, untuk ditambahkan dan terhubung dengan kamu sebagai kolega/teman di IFprofs.   

Simak panduan lengkap cara mendaftar melalui tayangan video di bawah ini:


Pengembangan Jaringan dan Pengetahuan
Situs jejaring sosial maupun profesional seperti halnya Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dst., pada prinsipnya menawarkan wadah agar setiap anggotanya dapat terus terkoneksi secara virtual di Internet. Mereka dapat bebas berbagi dan saling memberi informasi. Hal ini pula yang dapat saya gambarkan sebagai manfaat dari keanggotaan kamu pada situs IFprofs, sebagai pegiat bahasa dan budaya Prancis –tentu saja!

  • Temukan informasi dan sumber-sumber yang berkaitan dengan bidang kamu; Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang siap kamu praktikkan di kelas, laporan penelitian, video, audio, foto, dan dokumen lainnya mengenai budaya-budaya negara francophone. Perkaya pengetahuan dan keterampilan kamu!
  • Ajak diskusi dan bertukar pikiran dengan kolega kamu. Sebagai anggota IFprofs, kamu dapat mengikuti diskusi dalam sebuah grup, berpartisipasi dalam sebuah proyek, memberikan pengumuman tentang sebuah kegiatan yang kamu jalankan, bahkan mengikuti webinar.
  • Layaknya kolegamu, kamu pun dapat membagikan kepada seluruh rekan di IFprofs sumber-sumber informasi dan pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan budaya Prancis.

Jadi, tunggu apalagi untuk mendaftar? Ingin terhubung sebagai kolega dengan saya di IFprofs? Klik di sini.

Baca juga:
Hubungan antara Musik dan Pembelajaran Bahasa Asing



***
Untuk menemukan artikel dengan tema tertentu, gunakan kolom pencarian cepat di bawah ini:

0 komentar: